UNIK4U's Fan Box

UNIK4U on Facebook

15 Juli, 2011

Robot Cantik Mirip Manusia Sungguhan




Headline


Robot pasien gigi ini mirip manusia sungguhan, tapi agak menyeramkan.

Orang Jepang membuat robot yang mirip manusia sungguhan. Robot bernama Showa Hanako 2 ini dalah robot pasien yang diciptakan untuk latihan praktik dokter gigi.

Diluncurkan Kamis lalu di Jepang, robot ini rencananya akan dijual ke berbagai sekolah, rumah sakit, dan klinik gigi di Jepang.

Peneliti Showa University menciptakan robot dari bahan silikon sehingga hasilnya sangat mirip manusia sungguhan, tapi agak menyeramkan.

Matanya bisa berkedip dan kepalanya bisa menggeleng. Ia juga bisa tersedak, batuk, bersin, serta mengerakkan lidah dan rahang. Robot ini adalah hasil kerja sama dengan Orient Industry yang menciptakan "love dolls", robot untuk orang dewasa.

Saat dokter ingin memeriksa kondisi gigi si robot, robot ini akan merespon, menutup mata, mulut, menarik lidah, atau menggeleng kepala.

Tapi tentu tidak seperti praktik gigi sebenarnya, pada robot ini dokter tidak boleh memasukkan air ke mulut robot karena air akan merusak mesin.

Koutaro Maki, profesor Showa University School of Dentistry mengatakan, robot ini membantu siswanya belajar. Siswanya merasa seperti tengah berhadapan dengan pasien sungguhan, jadi mereka lebih berhati-hati.

sumber : http://teknologi.inilah.com/read/detail/1665432/robot-cantik-mirip-manusia-sungguhan

unik4u

.:: Artikel Menarik Lainnya ::.



Related Posts with Thumbnails

Arsip Blog