UNIK4U's Fan Box

UNIK4U on Facebook

02 Mei, 2010

Bayi Dengan Tiga Orang Tua Biologis



sudin Prasetyo

(abc.net.au)

INILAH.COM, Jakarta – Bayi pertama dengan tiga orangtua biologis akan segera ada dalam waktu kurang dari tiga tahun setelah sukses riset untuk mencegah pewarisan penyakit mematikan.

Ilmuwan di Universitas Newcastle telah menumbuhkan embrio manusia setelah menggabungkan DNA dari dua telur dibuahi dengan teknik yang bisa mencegah penyimpangan genetika serius.

Prosedur itu didesain untuk membenahi ‘baterai sel’ cacat yang disebut mitokondria yang bisa menyebabkan penyakit fatal pada jantung, hati, syaraf dan otot dengan menggantikan dengan versi sehat dari embrio donor.

Seorang anak yang mengalami gangguan seperti itu bisa memperoleh warisan materi genetika dari tiga orang tua.

Ayah dan ibunya akan menyuplai 99,8% DNA, tetapi sejumlah kecil akan datang dari wanita kedua, yakni pendonor mitokondria, karena Mitokondria mengandung DNA.

Doug Turnbull yang memimpin riset mengatakan bahwa cara tersebut akan menolong keluarga dari risiko penyakit mitokondria untuk mendapatkan anak sehat, meskipun studi lebih lanjut masih dibutuhkan untuk menunjukkan efektivitas dan keamanan yang dibutuhkan.

Halangan regulasi juga harus diatasi. Di Inggris masih ilegal menempatkan embrio buatan di dalam kandungan wanita, tetapi Menteri Kesehatan Inggris memiliki kekuatan untuk mencabut larangan dengan legislasi baru.[ito]

sumber : http://www.inilah.com/news/read/teknologi/2010/04/27/490171/bayi-dengan-tiga-orangtua-biologis/

unik4u

.:: Artikel Menarik Lainnya ::.



Related Posts with Thumbnails

Arsip Blog