UNIK4U's Fan Box

UNIK4U on Facebook

03 Mei, 2010

Gaji Tak Dibayar, Tentara Bentukan AS Bergabung Al Qaeda



Beberapa tentara rekrutan Somalia tengah dilatih di Kamp Jazira  sebelum diterjunkan dalam medan tempur guna melawan Al Qaeda. Menurut  laporan, semakin banyak rekrutan yang bergabung dengan Al Qaeda karena  mereka tidak mendapatkan gaji seperti yang dijanjikan. (Foto: AP)

MOGADISHU (Berita SuaraMedia) - Ratusan tentara Somalia dilatih dengan dana AS telah berpencar, dengan beberapa bergabung dengan al-Qaeda yang seharusnya mereka lawan.

Pasukan yang didukung dengan jutaan dolar AS, meninggalkan barisan karena mereka tidak menerima $ 100 (£ 65) upah bulanan. 'Pemberontakan' itu meningkatkan kekhawatiran bahwa dorongan yang didukung Amerika bulan depan untuk memperkuat pasukan Somalia dapat meningkatkan peringkat pemberontak.

AS telah mengeluarkan $ 6.8 juta sebagai penunjang pelatihan untuk hampir 1.000 tentara di tetangga Djibouti dan sekitar 1.100 prajurit lain di Uganda, departemen negara dan diplomat Barat mengatakan.

Seorang perwira tentara Somalia, Kolonel Ahmed Aden Dhayow, mengatakan kepada kantor berita Associated Press, tiap pasukan seharusnya mendapatkan $ 100 per bulan, tetapi sekitar separuh dari mereka yang dilatih di Djibouti pergi karena mereka tidak dibayar. "Beberapa tentara menyerah dan kembali ke kehidupan sehari-hari mereka dan yang lain bergabung dengan kelompok perlawanan," katanya.

Kementrian pertahanan Negara , Yusuf Mohamed Siyad, menegaskan bahwa beberapa peserta pelatihan telah bergabung dengan kelompok al-Shabab, tapi ia menolak untuk menentukan jumlah desertir.

Selama kunjungan AP baru-baru ini, tentara tampak duduk di bawah duri pohon yang tertutup debu di pangkalan utama militer pemerintah, Kamp Jazira, yang tidak memiliki toilet, klinik atau bahkan pagar keliling. Mereka belum dibayar, beberapa bulan, mereka berkata, menambahkan bahwa upah mereka dihentikan oleh para pejabat senior.

Ditekan untuk rincian, perwira tingkat pertengahan melirik ke rekannya menggenggam kantong plastik spaghetti, ransum makan siang hari itu, sebelum mengatakan mereka tidak dapat membahas masalah tersebut.

"Tidak ada cukup uang untuk membayar semua orang," kata Kolonel Ali Hassan sementara sekelompok perwira mendengarkan, lalu buru-buru menambahkan: "Tapi kami senang masih ada sedikit uang."

Awal tahun ini muncul bahwa rekrutan tentara menggunakan tongkat bukannya senjata ketika mereka dilatih untuk pertempuran. Para pejabat mengakui bahwa serangan pemerintah yang telah direncanakan lama terhadap perlawanan telah tertunda sebagian karena kurangnya pelatihan dan peralatan.

Kegagalan untuk menyelesaikan masalah pembayaran dapat mengancam keberhasilan program pelatihan awal bersama AS dan Uni Eropa di Uganda bulan depan yang telah disebut-sebut sebagai upaya untuk membangun kembali tentara terbesar dalam 20 tahun.

Pendanaan untuk tentara Somalia adalah hal yang kompleks yang melibatkan kontribusi dari negara-negara donor, PBB dan pemerintah Somalia. Masing-masing negara berjanji untuk memenuhi gaji untuk sejumlah tentara selama beberapa bulan, dan ketika uang habis, gaji belum dibayarkan.

AS telah memberikan $ 2 juta untuk membayar tentara Somalia dan pembelian persediaan dan peralatan di Mogadishu sejak tahun 2007, menurut Departemen Luar Negeri. $ 12 juta lainnya digunakan untuk transportasi, seragam, dan peralatan, tetapi AS telah menolak untuk mengatakan berapa banyak yang dibayar untuk pelatihan.

Kekerasan berkobar di Mogadishu kemarin dengan sedikitnya 16 kematian, satu berasal dari serangan langka di sebuah Masjid. Saksi mata mengatakan sebuah ranjau darat meledak sementara jemaah akan pergi ke Masjid Hureyra Abu di Pasar Bakara, daerah yang digunakan sebagai pangkalan oleh pemberontak melawan pemerintah dan pasukan penjaga perdamaian Uni Afrika.

Warga mengatakan sembilan orang tewas ketika mortir menghantam sebuah rumah di selatan kota, dua pemberontak dan seorang tentara pemerintah tewas dalam pertempuran dekat Pasar Bakara dan dua tentara UA cedera ketika mereka menghentikan seorang pembom bunuh diri dari menabrakan truk yang sarat dengan bahan peledak ke pangkalan mereka.

Gejolak ini, dan kedekatan negara Afrika timur tanpa hukum ini ke Yaman, di mana al-Qaeda di Semenanjung Arab berpusat, telah memberi kekhawatiran bahwa Somalia bisa digunakan untuk memulai serangan di sebelah barat.

Pemerintah Somalia yang didukung PBB yang terkepung hanya menguasai beberapa blok dari ibukota Somalia, Mogadishu, sementara pemberontak Islam mengontrol seluruh kota dan sebagian besar negara.

Somalia diketahui merupakan negara yang “diusik” kehadiran militer AS setelah Irak dan Afghanistan, setelah mengklaim bahwa mereka mungkin telah membunuh salah satu tokoh yang dicurigai ada kaitannya dengan Al Qaeda, dan yang paling mereka cari, beserta rekan-rekannya.

Militer AS terkenal melakukan serangan udara ke dalam Somalia, mentarget individual yang menurut Washington adalah “target sah” dalam pembunuhan, meski dikecam internasional.

Di bulan Mei 2008, AS mengklaim bahwa pesawat perangnya membunuh pemimpin kelompok Al Shabaab dan seseorang yang memiliki posisi tinggi dalam kelompok tersebut, Aden Hashi Ayro, dalam sebuah serangan di pusat kota Dusamareb, namun belakangan diketahui laporan tersebut tidaklah akurat. (iw/gd/sm)

sumber : http://www.suaramedia.com/berita-dunia/afrika/21147-gaji-tak-dibayar-tentara-bentukan-as-bergabung-al-qaeda.html
unik4u

.:: Artikel Menarik Lainnya ::.



Related Posts with Thumbnails

Arsip Blog