UNIK4U's Fan Box

UNIK4U on Facebook

02 Mei, 2010

Ilmuwan AS berhasil menciptakan obat penghilang memory otak





Putus pacar, cerai, atau berbagai peristiwa buruk di masa lalu seringkali sulit dilupakan. Apakah Anda masih dihantui bahkan trauma dengan memori buruk itu? Jangan khawatir, sudah ada obat dan terapi yang bisa menghapusnya.

Para peneliti di Universitas Harvard dan Universitas McGill di Montreal, AS membuktikan bahwa obat amnesia dapat digunakan untuk menutup memori-memori buruk. Obat ini akan menutup jalur aliran biokimia yang membuat memori kembali dapat diingat.

Dalam penelitian yang dipublikasikan edisi teranyar Journal of Psychiatric Research, obat yang diberi nama propanolol digunakan pada terapi untuk menghapus memori buruk para penderita trauma. Obat ini biasanya digunakan pada terapi penderita amnesia.

Para peneliti menggunakannya untuk melakukan pengobatan terhadap 19 korban pemerkosaan selama 10 hari. Sepanjang masa pengobatan, setiap pasien selalu diminta menggambarkan ingatan mereka saat mengalami peristiwa yang membuatnya trauma sekitar 10 tahun yang lalu. Sebagian di antara pasien-pasien tersebut diberi obat pengontrol (placebo) untuk membandingkan pengaruhnya.

Terapi pengobatan dengan obat amnesia terbukti ampuh. Setelah seminggu dari masa pengobatan tersebut, pasien yang memperoleh propanolol terlihat tidak terlalu stress dibandingkan pasien yang tidak diberi propanolol saat diingatkan pada peristiwa yang membuatnya trauma.

Penelitian serupa yang dipimpin Profesor Joseph LeDoux dari Universitas New York juga berhasil membuktikna manfaat obat amnesia lainnya untuk menghapus memori buruk. Ia menggunakan obat amnesia yang disebut U0126 namun kali ini percobaan dilakukan pada tikus.

Awalnya, beberapa ekor tikus dilatih untuk menyadari hubungan antara dua jenis musik dengan kejutan listrik. Setiap kali usai diperdengarkan suara dua alunan musik tersebut, kejutan listrik diberikan ke tubuh tikus. Jadi, tikus-tikus tersebut dilatih agar ketakutan jika mendengar suara kedua alunan musik.

Para peneliti kemudian memberikan obat amnesia kepada sebagian di antara tikus-tikus yang ketakutan saat mendengarkan alunan salah satu musik. Setelah beberapa hari, tikus-tikus yang diobati ternyata tidak terlalu takut saat mendengar musik yang didengarnya saat diobati. Namun, tikus-tikus tersebut tetap saja ketakutan saat mendengar musik yang kedua.

Hal tersebut menunjukkan terapi obat-obatan amnesia secara teratur yang dilakukan bersamaan dengan mengingat peristiwa yang membuat seseorang trauma berguna untuk menghapus ingatan buruk. Tapi, jangan asal menggunakannya kecuali dengan bantuan psikiater.

sumber : http://www.ngobrolaja.com/showthread.php?t=81318
unik4u

.:: Artikel Menarik Lainnya ::.



Related Posts with Thumbnails

Arsip Blog