UNIK4U's Fan Box

UNIK4U on Facebook

10 Juni, 2011

Ahli Rilis Peta Dasar Laut Berdetail Tinggi



Headline

Penjelajah kini bisa ‘menyelam’ dan melihat dasar laut dengan jauh lebih detail berkat topografi baru yang dirilis melalui Google Earth. Seperti apa?

Peta ini dikembangkan oseanografer di Lamont-Doherty Earth Observatory Columbia University dari data ilmiah yang dikumpulkan selama penjelajahan riset. Sintesis baru topografi dasar laut ini meningkatkan resolusi di sepanjang 100 meter hingga satu kilometer.

Lanskap dramatis dasar laut (gunung api, puncak tinggi, daratan luas dan lembah) umumnya dipetakan dengan tak mendetail dibanding saat memetakan permukaan bulan dan Mars.

"Mengingat pentingnya lautan bagi kehidupan Bumi, lanskap bawah laut tetap tersembunyi di kegelapan dan tak dipetakan dengan baik,” ujar oseanografer William Ryan di Lamont-Doherty.

Peneliti mengungkap, meski baru berhasil membuat peta detil 5% laut, luas ini lebih besar dari Amerika Utara. Peta ini dihasilkan dari data ratusan perjalanan kapal riset ilmiah dari banyak institusi yang menjelajah sejauh 4,8 juta kilometer di seluruh samudera selama dua dekade.

sumber : http://teknologi.inilah.com/read/detail/1591392/ahli-rilis-peta-dasar-laut-berdetail-tinggi

unik4u

.:: Artikel Menarik Lainnya ::.



Related Posts with Thumbnails

Arsip Blog