UNIK4U's Fan Box

UNIK4U on Facebook

20 April, 2010

Bayi ternyata bisa bedain kelamin gan



just share gan

Bayi Bisa Bedakan Mainan Berdasarkan Jenis Kelamin

Vera Farah Bararah - detikHealth






img
Ilustrasi (Foto: iglookids)
Jakarta, Bisakah bayi membedakan mainan anak perempuan atau lelaki? Ternyata sangat bisa. Di sebuah ruangan yang diisi puluhan anak, bayi laki-laki akan lincah memilih mobil-mobilan sedangkan bayi perempuan dengan tenang mengambil boneka.

Sebelum anak bisa merangkak, kecenderungan yang terjadi memang seperti dugaan yang berkembang di masyarakat, bahwa anak laki-laki menyukai robot-robotan atau mobil dan perempuan mainan boneka.

Dalam studi ini peneliti memberikan tujuh mainan berbeda, dan didapati anak laki-laki lebih memilih mobil-mobilan, alat penggali dan bola serta mengabaikan boneka beruang. Sementara anak-anak perempuan memilih boneka beruang, mainan masak-masakan atau miniatur lainnya yang berwarna-warni.

"Diketahui bahwa anak laki-laki lebih memilih mainan yang bisa berjalan atau bergerak sedangkan anak perempuan menyukai mainan yang memiliki raut wajah atau berhubungan dengan pengasuhan," ujar Sara Amalie OToole Thommessen dari City University di London, seperti dikutip dari Health24, Selasa (20/4/2010).

Dalam studi ini melibatkan 83 anak yang berusia 9 bulan hingga 3 tahun dan diamati waktu bermainnya selama 3 menit. Sebelumnya, peneliti menyurvei 300 orang dewasa untuk menanyakan mainan apa yang terlintas di pikirannya pertama kali jika berhubungan dengan jenis kelamin. Sekitar 90 persen menjawab mobil untuk laki-laki dan boneka untuk perempuan.

"Kami sangat tertarik untuk melihat apakah anak laki-laki memiliki preferensi berbeda tentang warna. Kami menawarkan boneka beruang biru dan pink, tapi ternyata anak-anak ini tidak menunjukkan minat terhadap boneka beruang sama sekali," ujar Thommessen.

Berdasarkan studi ini didapati anak perempuan berusia 27-36 bulan sekitar 50 persennya tertarik dengan boneka dan anak laki-lakinya sekitar 87 persen tertarik dengan mobil dibandingkan bola.

Hasil ini meningkatkan persepsi pilihan mainan terhadap jenis kelamin yang pernah dilakukan pada studi tahun 2001. Namun dampak sosialisasi dan lingkungan juga tidak bisa diabaikan, karena pemilihan mainan anak-anak juga bisa berdasarkan apa yang sering dilihat oleh anak tersebut.

Saat masih bayi, seorang ayah akan cenderung lebih aktif mengajak bercanda anak laki-lakinya, sementara dengan anak perempuan lebih banyak menghabiskan waktu untuk berbicara. Saat bertambah usia laki-laki didorong lebih aktif mengeksplorasi lingkungan, sedangkan anak perempuan didorong untuk bermain dengan tenang.

Hal inilah yang membuat anak laki-laki lebih menyukai mobil, robot atau mainan bergerak lainnya, sedangkan perempuan lebih menyukai segala hal yang memiliki raut wajah atau permainan pengasuhan.

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3905682
unik4u

.:: Artikel Menarik Lainnya ::.



Related Posts with Thumbnails

Arsip Blog