UNIK4U's Fan Box

UNIK4U on Facebook

01 Desember, 2010

Inilah Alasan Kenapa Malaysia Ngotot Membangun Jembatan Malaka




Banyak dugaan yang mengindikasikan kenapa Malaysia begitu ngotot untuk segera membangun jembatan Selat Malaka yang menghubungkan Riau dengan Malaka di semenanjung Malaya, Malaysia.

R Prabowo, Direktur PT Bangungraha Sejahtera Mulia Agung yang juga menjadi konsorsium Jembatan Selat Sunda (JSS) menuding alasan Malaysia begitu berniat membangun Jembatan Selat Malaka karena Malaysia memiliki kepentingan besar terhadap Sumatera.

“Malaysia ngotot ingin menyambungkan negaranya dengan Sumatera karena Malaysia melihat Sumatera lumbung sumber bahan baku dan pasar yang besar.

Dia mengakui, saat ini Malaysia memang lebih maju secara ekonomi dari Indonesia. Alasan Malaysia untuk membangun Jembatan Selat Malaka sangat beralasan karena begitu menariknya Indonesia bagi negeri serumpun tersebut.

Jadi Agung pun menekankan kembali masalah konektivitas antara pulau Jawa dan Sumatera, dalam hal ini adalah jembatan Selat Sunda, karena hal ini bisa menggerakkan ekonomi kedua wilayah dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Sebagaimana yang diberitakan sebelumnya rencana pembangunan jembatan yang membelah Selat Malaka, menghubungkan Pulau Rupat, Indonesia, dengan Teluk Gong, Malaysia, ternyata direspon dengan lebih proaktif oleh pihak Malaysia.

Bahkan, Malaysia sendiri sudah membuat perusahaan khusus untuk membangun jembatan tersebut, bernama PT Malaka Straits Corporation.


Sumber : http://kampungtki.com/baca/22267


unik4u

.:: Artikel Menarik Lainnya ::.



Related Posts with Thumbnails

Arsip Blog