UNIK4U's Fan Box

UNIK4U on Facebook

13 Maret, 2011

Ini Dia Ayam Jago Berjari Lima Miliki Kekuatan Mistis



Ayam jago berkaki lima di Sampang, Madura, Jatim. (Dok: Sun TV)
Pada umumnya ayam berjari empat, namun berbeda dengan ayam unik yang satu ini. Di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, terdapat sebuah kampung yang memiliki ayam-ayam berjari lima dan dipelihara oleh warga setempat.
Hebatnya lagi, ayam-ayam tersebut dikenal sebagai ayam jago aduan tanpa tanding.

Ayam berjari lima banyak ditemukan di Dusun Kolo, Desa Apaan, Kecamatan Pangarengan, Sampang, Madura. Para pemiliknya pun mempunyai komunitas tersendiri.

Sepintas binatang unggas tersebut tidak jauh berbeda dengan ayam lainnya. Namun saat diperhatikan lebih dekat, terlihat tiga jari menjulur ke depan dan dua jari lainnya tumbuh pada bagian belakang kaki.

Menurut warga setempat, pada mulanya ayam berjari lima di desa ini hanya satu ekor yaitu milik Mandud (34). Namun ayam jantan berjari lima tersebut dikawinkan dengan ayam kampung betina peliharaan warga lain. Hasilnya beranak pinak dan dimiliki warga lain.

Sejatinya hingga kini sudah lebih dari 50 ekor ayam berkaki lima, baik jantan maupun betina. Namun akibat serangan flu burung yang pernah mewabah di tempat ini, jumlah ayam berjari lima jauh berkurang karena banyak yang mati.

Mandud mengungkapkan, ayam jantan berjari lima biasa dijadikan ayam aduan tanpa tanding alias nyaris tidak pernah kalah. Akibatnya, warga meyakini ayam tersebut memiliki kekuatan melebihi ayam jantan lainnya.

Mandud mengatakan ayam berjari lima juga dianggap memiliki kekuatan mistis. Karena itu, warga pemilik ayam berjari lima enggan menjual ayam milik mereka.

sumber : http://news.okezone.com/read/2011/03/11/340/433742/ini-dia-ayam-jago-berjari-lima-miliki-kekuatan-mistis unik4u

.:: Artikel Menarik Lainnya ::.



Related Posts with Thumbnails

Arsip Blog