UNIK4U's Fan Box

UNIK4U on Facebook

18 September, 2010

Hah! Tornado Api Setan Muncul di Brasil



api_setan.jpg
the sun
API SETAN- Api setan tampak menjulang tinggi beberapa meter di tengah-tengah kebakaran yang melanda daratan di Brasil, Rabu (25/8/2010)
api_setan2.jpg
the sun
api_setan3.jpg
the sun
api_setan4.jpg
the sun
Sebuah tornado menerpa ladang kering yang sedang dilalap api di Brasil hingga membentuk angin puyuh api setinggi puluhan meter. Fenomena langka itu terjadi akibat dari kebakaran semak belukar yang luas kemudian diterjang angin puyuh sehingga makin panas dan membakar semua yang dilewatinya.

Kejadian tersebut terdeteksi oleh video yang kemudian dikenal sebagai api setan, yang menghubungkan lahan daratan terbakar dengan langit. Tampak dalam video yang dirilis the sun, Rabu (25/8/2010) waktu setempat, api menjulang tinggi menari lenggak lenggok di tengah-tengah kebakaran yang melanda di Aracatuba, tak jauh dari Sao Paulo, ibukota Brasil di Amerika Latin.

Bila tinggi api kebakaran di lahan tersebut sekitar 2 meter maka api setan yang muncul akibat terpaan puting beliung ini mencapai puluhan meter. Sama seperti angin puting beliung biasa, hanya saja ini bukan debu tapi api merah menyala.

Tampak seperti angin puyuh api spiral setinggi beberapa meter, dimana penduduk setempat menamakan “api setan” yang siap melalap apa saja yang dilalui. Diperkirakan, gabungan antara api dengan angin kering ini meningkatkan suhu dari api itu sendiri sehingga makin ganas melalap objek yang terbakar.

Badai api itu juga ditakuti warga karena kekeringan di Brazil sering memicu terjadinya kebakaran hutan maupun padang ilalang. Akibat kebakaran ini, kualitas udara ibukota Brasil makin buruk dan tingkat polusi makin tinggi.

Pemerintah setempat sudah melarang petani tebu untuk membakar limbah usai panen demi mencegah kebakaran meluas dan memperburuk kualitas udara.

Angin tornado api atau dikenal sebagai “api setan” ini jarang terjadi. Di Tokyo Jepang pernah terjadi hal serupa tahun 1923 yang dipicu oleh gempa bumi dahsyat dan menewaskan lebih dari 38.000 jiwa hanya dalam waktu 15 menit. (*)

sumber : http://www.tribunnews.com/2010/08/26/hah-tornado-api-setan-muncul-di-brasil

unik4u

.:: Artikel Menarik Lainnya ::.



Related Posts with Thumbnails

Arsip Blog